Google

Sunday, January 6, 2008

nasib dua Calon TKI Kabur dari Penampungan


06/01/2008 06:37 Kasus TKIDua Calon TKI Kabur dari Penampungan
Liputan6.com, Jakarta: Dua tenaga kerja wanita kabur dari penampungan dengan alasan rindu keluarga dan ditekan perusahaan untuk membayar Rp 10 juta. Mira Lisnawati dan Dadah kabur dengan melompat pagar setinggi lima meter.
Kenekatan mereka berujung petaka. Mira luka di tangan dan kaki serta sulit berjalan. Setelah berhasil keluar keduanya ditampung di rumah seorang warga. Namun Dadah diambil paksa pihak perusahaan kembali ke penampungan sedangkan Mira tetap dirawat di rumah warga karena tidak bisa berjalan.
Sebuah lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap nasib TKW mendatangi PT Mutiara Putra Utama di Jalan Swadaya, Kramat Jati, Jakarta Timur. Mereka berusaha meminta pertanggungjawaban perusahaan itu atas nasib Mira dan Dadah.
Pihak perusahaan membantah melakukan penyekapan terhadap kedua TKW itu. Atas desakan LSM ini, pihak perusahaan akhirnya membawa Mira dan Dadah ke rumah sakit dengan ambulans untuk menjalani pengobatan.
Sementara 73 calon tenaga kerja asal Jawa Tengah dan Jawa Barat gagal berangkat ke Malaysia setelah ditelantarkan perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT Hamparan Karya Sejati. Namun demikian para TKI mengaku lega.
Sejumlah calon tenaga kerja mengaku sering diperlakukan tak manusiawi oleh PJTKI. Bahkan tak jarang dianiaya. Karena tak tahan seorang dari mereka membuat surat dan dilemparkan ke halaman rumah tetangga.
Kepolisian Reor Medan hingga kemarin petang terus memeriksa para calon TKI. Polisi juga sudah memeriksa pengelola PJTKI. Sementara lokasi PJTKI PT Hamparan Karya Sejati di Jalan Notes Medan kini sudah dipasang garis polisi.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

1 comment:

mirage said...

thanks 4 commenting kt blog mira
gambr kt hong kong lerr...
almak story kt atas name dyer sama la ngan mira....T_T